TIPS MENCARI KERJA DI ERA DIGITAL

 


Era digital adalah era yang serba cepat, persaingan dalam mencari kerja semakin ketat, sedangkan di Indonesia sendiri, angka pengangguran menurut Badan Pusat Statistik Indonesia sampai bulan Agustus 2023 masih di angka 7,68 juta, maka tak heran para pencari kerja merasakan frustasi karena tak kunjung mendapatkan pekerjaan dengan posisi yang diinginkan.

Namun dengan persiapan yang matang dan strategi yang tepat, anda bisa meningkatkan peluang untuk mencapai kesuksesan dalam meraih kerja yang diimpi-impikan, dan di artikel kali ini saya akan membahas tips dan trik yang bisa anda terapkan untuk mencari kerja:

  1. Kenali kekurangan dan kelebihan diri

Sebelum mulai mencari kerja, anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan anda, pahami dengan baik keterampilan (skill) yang yang anda miliki, baik itu soft skill ataupun hard skill, dengan memahami kekurangan dan kelebihan skill yang anda miliki,anda bisa lebih fokus pada posisi yang sesuai dengan kemampuan atau kualifikasi anda.

  1. Tingkatkan keterampilan dan wawasan anda

Untuk dapat bersaing di pasar kerja, anda harus mempunyai keterampilan yang  mumpuni dan wawasan yang luas, untuk meningkatkan keterampilan  anda bisa mengikuti kursus online ataupun offline, webinar, atau melalui pelatihan yang lebih relevan, yang dapat meningkatkan kredibilitas diri anda.

  1. Mempelajari pasar kerja dan tren industri

Dengan memahami tren industri yang sedang berkembang dan pasar kerja yang sedang anda minati, sangat membantu anda dalam mempersiapkan strategi untuk mencari kerja, sehingga lebih efektif dan meningkatkan peluang dalam pencarian kerja.

  1. Manfaatkan media sosial, platform pencari kerja dan jaringan profesional

Di era digital ini banyak sekali platform pencari kerja, dan media sosial saling berbagi info lowongan kerja, maka manfaatkanlah dengan baik dan semaksimal mungkin, dan jangan lupa manfaatkan jaringan profesional, jangan ragu atau sungkan untuk menghubungi kenalan , teman, dan keluarga anda untuk mencari tahu info lowongan pekerjaan.

  1. Pastikan berkas sesuai dengan posisi yang di lamar

Memastikan berkas seperti CV, surat lamaran, dan dokumen pendukung lainya sesuai posisi yang di lamar sangatlah penting, selain untuk menunjukan kualifikasi anda, juga memudahkan bagian HRD untuk menemukan anda.

  1. Mempersiapkan diri untuk wawancara kerja

Kesiapan waktu, keterampilan, dan motivasi dapat membantu anda untuk menunjukan kelebihan anda ketika wawancara kerja, sehingga lebih menambah kesan positif tentang diri anda dan meningkatkan peluang dalam persaingan di pasar kerja.

  1. Tindak lanjuti dan jangan pernah menyerah

Mencari kerja di era sekarang memang sangatlah ketat dalam persaingan, sehingga sangat sulit sekali mendapatkan kerja sesuai posisi yang di inginkan, oleh karena itu jangan pernah menyerah dan terus berusaha, setelah malalui wawancara kerja coba lakukan tindak lanjut dengan mengirimkan apresiasi, dengan mengirimkan ucapan terimakasih melalui email kepada pewawancara anda, sehingga bisa lebih menunjukan nilai positif anda dan menegaskan kembali tentang minat dan kesiapan anda.

 

Untuk mendapatkan pekerjaan dengan posisi yang inginkan memang sangatlah sulit, tapi dengan niat, usaha, do’a, dan ketekunan, itu semua bisa meningkatkan tingkat kesuksesan dalam mendapatkanya.

Terimakasih sudah membaca tips mencari kerja di era digital dan salam sukses.


Posting Komentar untuk "TIPS MENCARI KERJA DI ERA DIGITAL"