TIPS MEMULAI USAHA DAGANG BAKSO

Jika kamu orang indonesia maka kamu pasti tau apa itu bakso, bakso sendiri berasal dari tiongkok, yang di perkenalkan oleh para pedagang tiongkok pada masa dinasti ming kira-kira pada tahun 1644, karena bakso sudah ada sejak dulu di indonesia maka tidak heran jika di setiap sudut kota hingga plosok desa di indonesia pasti ada bakso. Nah itu dia sedikit sejarah tentang bakso, bagi sobat pembaca yang ingin memulai bisnis usaha bakso, maka saya akan memberikan tips dan trik cara berdagang bakso sesuai pengalaman yang sudah saya jalani dulu sebelum covid-19. Oke sobat pembaca, ini dia langkah awal yang harus sobat pembaca ketahui jika ingin berdagang atau berwirausaha menjadi pedagang bakso. 

1. SURVEY/RISET PASAR Sobat Pembaca, jika ingin memulai berdagang bakso maka sobat harus survey pasar terlebih dahulu. Gunanya survey pasar sendiri adalah untuk menentukan target penjualan, untuk menentukan lokasi penjualan, harga penjualan dan masih banyak lagi, Nanti kita bahas di artikel lainnya untuk cara memulai riset pasar. Kan tidak lucu kalau ternyata sudah mulai jualan baru tau kalau di lokasi atau di daerah sobat pembaca ternyata sudah banyak yang berjualan bakso atau orang di daerah yang sobat pembaca jualan orang-orangnya tidak terlalu minat dengan bakso. 

2. MENENTUKAN LOKASI JUALAN Setelah sobat pembaca melakukan survey/riset pasar, sobat harus menentukan lokasi jualan, mau keliling atau mangkal, mau sewa ruko atau berdagang di depan rumah, atau untuk jaman sekarang mau jualan via online pun bisa. Lokasi jualan ini sangat berpengaruh untuk kelancaran usaha sobat ya, karena di luaran sana banyak sekali orang yang sudah tau cara pembuatan bakso, sudah ada modal untuk sewa ruko dan membeli peralatan untuk jualanya tetapi baru jualan sebentar tutup karena salah pemilihan lokasi dan akhirnya penjualanyapun sepi pembeli. 

3. MENENTUKAN HARGA PENJUALAN Harga jual sobat pembaca yang ingin memulai usaha jualan bakso ini sangat berpengaruh untuk kelangsungan jualan sobat, ramai pembeli atau tidaknya ini berpengaruh, juga terhadap untung ruginya jualan sobat. Jualan yang terlalu mahal bisa membuat pembeli kapok dan tidak mau membeli lagi, dan jualan yang terlalu murah bisa membuat sobat pembaca yang ingin memulai jualan bakso rugidan akhirnya gulung tikar atau bangkrut. 

4. MENENTUKAN KAPAN MULAI PRODUKSI/JUALAN Nah Tips yang terakhir ini biasa terlupakan, padahal sangat penting untuk kelangsungan jualan dan mental healt sobat pembaca, pastikan sobat pembaca yang ingin memulai jualan bakso harus tau kapan mulai jualan, misalnya sobat memulai jualan H+1 setelah hari raya idul adha, maka sudah di pastikan jualan sobat di hari pertama bakalan tidak laku karena orang-orang sudah kenyang makan daging, atau sobat pembaca memulai jualan tanpa memikirkan cuaca, misalnya perkiraan cuaca dari pagi sampai malam hujan dan sobat masih nekat berjualan, makadi pastikan juga orang-orang lebih memilih tidur dan masak indomi di rumah, dan masih banyak lagi hal yang perlu di perhatikan jika sobat ingin memulai jualan bakso. 


Nah itu dia tips yang bisa saya bagikan jika sobat ingin memulai jualan bakso, untuk cara pembuatan dan takaran bahan untuk membuat bakso, cara riset pasar dan menentukan harga jualan saya akan tulis di artikel selanjutnya yaa. Terimaksih sudah meluangkan waktunya, dan jika sobat berkenan untuk memberikan kritik dan saran di bawah melelui komen akan saya terima dengan senang hati. Terimaksih dan cukup sekian.

Posting Komentar untuk "TIPS MEMULAI USAHA DAGANG BAKSO"