LIMA HAL SEPELE YANG MENYEBABKAN KANKER

1. Makan dan minum-minuman panas

Memang banyak makanan dan ada beberapa minuman yang lebih nikmat di  santap atau di nikmati saat masih panas.

Tapi taukah kamu, ada bahaya yang mengintai kalau terlalu sering menyantap makanan dan minuman saat masih panas, yaitu adalah kanker kerongkongan.

Karena makanan atau minuman panas sudah pasti memiliki suhu yang  tinggi, saat kamu menikmati makanan atau minuman panas memberikan efek pada saluran pencernaan atas, yaitu dari rongga mulut turun ke kerongkongan dan akhirnya bisa menyebabkan inflamasi (Peradangan), dan inflamasi inilah yang dapat memicu atau menyebabkan kanker pada kerongkongan.

2. Menghirup asap masakan

Di balik harumnya asap sate atau harumnya asap masakan kesukan kamu ternyata jenis kanker yang mengintai, yaitu kanker paru-paru dan kanker nasofaring (Kanker yang menyerang area tenggorokan)

Karena didalam asap mengandung karbon monoksida, NO2 (Nitrogen Dioksida), SO2(Sulfur Dioksida), dan oksidan  yang berbahaya bagi kesehatan saluran pernapasan, oksidan sendiri bisa merusak sel dan menyebabkan mutasi pada sel.

Untuk menguragi  menghirup asap masakan, kamu  bisa memasang exhust fan pada dapurmu, agar asap masakan yang sedang kamu masak bisa keluar dari ruangan dapur.

3. Kurang makan sayur

Bagi sebagian orang, rasa sayuran memang kurang di sukai, bahkan ada yang sangat tidak suka dengan sayuran, padahal sayuran sendiri banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Salah satunya adalah mencegah terjadinya kanker, karena kekurangan mengonsumsi sayur dapat menyebakan terjadinya peningkatan risiko  kanker di saluran pencernaan sebesar 14%, oleh karena itu biasakan diri kamu atau anak dan keluargamu untuk mengonsumsi sayur-sayuran dari sekarang sebelum terlambat ya.

4. Duduk terlalu lama

Di zaman sekarang banyak pekerja kantoran atau driver yang bekerja sambil duduk 8-10 jam sehari, tapi ternyata duduk terlalu lama selain bisa menyebabkan kesemutan, nyeri pada pinggang, dan varises, ternyata duduk terlalu lama  juga dapat menyebakan kanker.

Duduk terlalu lama dapat menyebabkan kanker endometrium (kanker yang tumbuh di lapisan rahim), kanker kolorekteral (Kanker pada usus besar), dan kanker payudara.

Oleh karena itu, bagi kamu yang bekerja atau mempunyai aktifitas duduk yang terlalu lama, di sarankan untuk sering melakukan aktifitas fisik seperti peregangan dan berjalan setidaknya 30 menit dalam sehari.

5. Meletakan HP dekat dengan kepala saat tidur

Memang di zaman sekarang HP/Ponsel lebih memudahkan kita untuk membantu kita dalam pekerjaan dan menjadi hiburan yang bisa di nikmati dimanapun, sehingga kita sering tidur dengan meletakan HP/Ponsel di dekat kepala, entah itu sebagai alarm atau  tertidur saat kita sedang bermain dengan ponsel.

Tapi ternyata, paparan frekuensi radio dari HP/Ponsel dapat menyebabkan tumbuhnya sel-sel kanker pada otak loh, jadi mulai sekarang mulailah rubah kebiasan bermain ponsel sebelum tidur atau meletakan ponsel di dekat kepala saat kita tidur.


Posting Komentar untuk "LIMA HAL SEPELE YANG MENYEBABKAN KANKER"